Manfaat Musik

Musik sangat melekat dalam kehidupan kita. Tiada hari tanpa musik. Penelitian menunjukkan, musik dapat memengaruhi kehidupan kita. Tergantung jenis musik apa yang kita konsumsi. Lantas, bagaimana musik bisa memberi pengaruh pada kehidupan kita? Simak ulasannya yang dilansir dari womenshealth berikut.

1. Musik rap bikin kreatif
Musik rap yang dibawakan eminem misalnya mampu mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan kreativitas dan lahirnya ide-ide cemerlang. Manfaat ini lebih banyak diperoleh dari aliran freestyle rap, yaitu cabang dari budaya hip-hop yang mengandalkan spontanitas dan improvisasi dalam merangkai lirik. Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontan, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak. Area otak ini bertanggung jawab penuh atas munculnya kreativitas dan ide-ide brilian.

2. Musik klasik bikin fokus
Peneliti dari Stanford University menunjukkan musik klasik akan membantu pikiran lebih fokus dan dapat memilah informasi. Nada yang ada dalam musik klasik dapat mempertajam otak, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

3. Musik enerjik tingkatkan semangat
Musik memengaruhi sistem saraf pusat untuk melakukan kegiatan sekaligus membantu mengalihkan pikiran Anda dari ketidaknyamanan. Penelitian menunjukkan musik energik cocok didengarkan saat melakukan aktivitas yang cukup berat. Nada cepat yang ada dapat membangun semangat dan memberi inspirasi untuk aktif.

4. Lagu favorit membuat Anda jadi lebih baik
Mendengarkan lagu yang Anda sukai dapat memicu pelepasan dopamin, sebuah neurotransmitter di otak yang dapat meningkatkan rasa senang. Jadi, sering-seringlah mendengarkan lagu favorit agar mood Anda semakin baik.

5. Nada tertentu dapat menyembuhkan Anda
Sebuah studi di University of Kentucky memaparkan ada seorang pasien yang mendengarkan musik yang lembut sebelum, selama dan setelah operasi. Ternyata setelah mendengarkan musik tersebut, rasa nyeri dan kecemasan pasien berkurang, sehingga hanya memerlukan sedikit obat penenang. Dan sebaliknya musik keras bisa menimbulkan rasa jengkel bagi yang mendengarnya.

Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-musik-dalam-kehidupan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s